Minggu, 01 Maret 2015

► SDIT Bahtera Insani Tanjunguban

 ✔ Ketua Yayasan Bahtera Insani bersama Kepala sekolah dan staf pengajar SDIT Tanjunguban

___seputartanjunguban.blogspot.com___

SDIT adalah salah satu sekolah dasar unggulan yang sekarang ini mulai diminati masyarakat. SD singkatan dari sekolah dasar, sedang IT kependekan dari Islam Terpadu.  Sama dengan SD sebagaimana yang ada saat ini, baik negeri maupun swasta. Hanya saja SDIT menerapkan pendidikan Islam yang terpadu di dalam sistem pengajarannya, artinya bagi siswa SDIT mereka sudah di ajari sekaligus ajaran Islam dalam keseharian, mulai dari perilaku sampai pada fikrah dan pengamalan atau penerapan langsung ajaran Islam.

Fungsi guru adalah sebagai trainer, yang pada kelas-kelas awal, seorang guru dituntut untuk tidak mengajar secara teks book tapi diluar kepala alias menguasai penuh bahan materi yang akan diajarkan. Guru disini dituntut betul untuk menjadi teladan, artinya dari mulai masuk sampai akhir pelajaran, guru bersama atau berinteraksi langsung dengan siswa secara terus-menerus dan intensif. Bahkan bagi siswa SDIT tidak perlu lagi kursus atau privat bahasa Arab, Inggris, membaca Qur’an diluar sekolah, karena di SDIT semua telah diajarkan.

SDIT Bahtera Insani Tanjunguban diselenggarakan selain untuk menyikapi permintaan masyarakat akan sekolah dasar yang unggul dan berkualitas, juga untuk menyikapi pengaruh globalisasi dan pesatnya kemajuan IPTEK terhadap perkembangan anak. Proses pembelajaran di SDIT Bahtera Insani senantiasa mengalami perbaikan yang berkesinambungan, baik pengembangan sumber daya insaninya (guru), maupun sumber belajarnya hingga pembelajaran bermakna dapat dicapai dengan baik.  Dengan demikian murid mendapatkan pengalaman belajar yang penuh makna yang pada gilirannya dapat segera mewujudkan harapan yang dicita-citakan.

A.Profil Sekolah :
1.
Nama Sekolah
:
SDIT Bahtera Insani
2.
Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
:

3.
Status Sekolah
:
Swasta (Terakreditasi)
4.
Tahun Pendirian
:
2009
5.
SK. Pendirian
:

6.
Nama Yayasan
:
Yayasan Bahtera Insani
7.
Alamat
:
Kampung Bugis - Sakera 
8.
Kelurahan
:
Tanjunguban Utara
9.
Kecamatan
:
Bintan Utara
10.
Kota/Kab.Propinsi
:
Bintan, Kepulauan Riau, 29152




B.Kegiatan Yang di Laksanakan :

1.       Shalat Dhuha :
Shalat dhuha dilaksanakan sebelum aktifitas belajar dimulai dan dilaksanakan di Masjid yang telah dibangun dalam kawasan SDIT Bahtera Insani, ini sangat baik sekali karena anak-anak telah diajarkan dan dibiasakanuntuk melaksanakan shalat dhuha dari kecil.

✔ Kegiatan shalat dhuha sebelum aktifitas belajar dimulai.

2.       Kunjungan Edukatif :

Anak didik SDIT Bahtera Insani Tanjunguban juga di ajak untuk berinteraksi dengan masyarakat dengan cara mengadakan kunjungan edukatif yang dilaksanakan setiap tahun ajaran sekolah, untuk tahun 2015 ini SDIT Bahtera Insani telah melaksanakan kunjungan edukatif di 3 tempat yang berbeda :
a. Di PT Telkom cabang Tanjunguban.


b. Di Pangkalan Angkatan Laut di kawasan Mentigi.


c. Di Pabrik pembuatan tempe di Teluk Sebung.


2.       Kegiatan Pramuka :

Anak didik SDIT Bahtera Insani juga dilatih dalam hal kepramukaan, dengan adanya kegiatan ini anak didik diharapkan bisa mempunyai jiwa semangat yang kuat dalam menjalani aktifitas sehari-hari.


3.       Kegiatan Drum Band :

SDIT Bahtera Insani juga telah mempunyai kegiatan drum band di sekolahnya. Dan kegiatan-kegiatan yang lainnya.


Demikian sekelumit cerita tentang SDIT Bahtera Insani Tanjunguban dengan tak lupa mohon maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan ini mohon di koreksi.

Oleh : Andan Darmadi.



Tidak ada komentar: