Kamis, 26 Februari 2015

► Masjid Baitul Makmur Tanjunguban




___seputartanjunguban.blogspot.com ___  

Sekitar tahun 2009 Masjid Baitul Makmur Tanjunguban mulai dibangun. Masjid yang begitu megah dan sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat Tanjunguban terlihat sangat kokoh, bangunan masjid berdiri di dataran tinggi  dengan luas  area 1.6 hektare, merupakan wakaf dari masyarakat.
Area masjid terletak di dekat makam pahlawan Tanjung uban, dari bangunan masjid tersebut kita dapat melihat pemandangan Tanjung uban dan sekitarnya dari ketinggian serta pemandangan laut selat Uban yang memisahkan pulau Batam dengan pulau Bintan.

Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban adalah sebuah masjid yang terbesar di Bintan dan berada di Tanjunguban. Terletak di Simpang Makam Pahlawan Tanjunguban. Keseluruhan lahan Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban merupakan wakaf dari almarhum Raja Daud, luasnya 1,6 hektare.

Kubah Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban yang terbuat dari baja ringan, tahan karat, dengan diameter 9 meter ini senilai Rp 600 juta. Dengan 2 lantai, daya tampung Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban ini sebanyak 2 ribu jamaah. Sedangkan daya tampung seluruhnya meliputi serambi dan halaman mencapai 6.000 jamaah.

Di tahun 2012 tepatnya pada tanggal 27/07/2012 Majid Baitul Makmur telah dapat digunakan untuk aktifitas ibadah meskipun Masjid belum di resmikan. Bertepatan pada hari Jum’at di bulan ramadhan, Masjid ini pertama kalinya digunakan untuk shalat Jum’at. Pada kesempatan shalat jum’at itu khatib dalam kutbahnya mengajak masyarakat untuk dapat memakmurkan masjid Baitul Makmur ini untuk aktifitas ibadah dan keagamaan lainya.

Dan pada perayaan idul fitri 1433 H masjid ini telah digunakan untuk Shalat Ied, yang di padati oleh lebih kurang 6000 jama’ah yang memenuhi ruang utama masjid hingga ke halaman dan tempat parkir kendaraan, Subhannallah… sunggu terlihat begitu besar kekuatan umat muslim, semoga saja Masjid Baitul Makmur bisa selalu dimakmurkan oleh masyarakat Tanjunguban yang membanggakan nya, amiin…

Oleh : Andan Darmadi



Tidak ada komentar: